Posts

Showing posts from 2018

Cappurecommend: Tulisan yang Pas Buat Kalian Para Budak Cinta

Yhaaa. Maaf ya barangkali ada yang tersindir dengan judul postingan aku kali ini. Tenang tenangg aku yakin bukan kalian aja kok yang tersindir. Aku juga. Hehehehe. Sebenernya bucin atau budak cinta tuh apaan sih? Kalo kalian searching di google nih hasilnya bakal keluar kaya gini Bucin adalah singkatan dari Budak Cinta. Budak cinta adalah orang yang nurut dan bakal ngelakuin apapun supaya tidak kehilangan si dia. Jadi apakah kalian kaum bucin juga? Sebenernya aku juga gatau sih patokan yang pas buat nyebut orang itu bucin tuh segimana. Karena sekarang tuh perhatian dikit langsung dibilang bucin. Ye menurut lo kita gaboleh perhatian sm doi gitu?! Engga aku gamarah kok engga:( Tapi aku ga bakal bahas tentang itu. Aku mau ngerekomendasiin sesuatu buat orang yang doyan galau karena bucin. Kaya aku misalnya. Soalnya kebanyakan orang tuh bakal cari postingan atau quotes yang mewakili perasaan dia pas lagi galau. Iya gak sih? Nah sekarang kalian gaperlu ribet cari-cari lagi. Karena ada...

Espressharing: Nasib Mahasiswa D1

Seperti yang aku bilang kemarin, akhir-akhir ini aku bakal lebih sering ngebahas tentang STAN. Semoga ga pada bosen ya hehe. Pasti udah pada tau dong ya kalo di STAN itu masih ada program studi diploma satu yang mana kuliahnya cuman setaun. Setaun loh ya bener-bener setaun doang nih kita kuliah. Nah di STAN ini ada 3 program studi diploma satu. Ada D1 Kebendaharaan Negara, D1 Pajak, dan D1 Kepabeanan dan Cukai. Meskipun cuman 3 prodi tapi jangan salah nih jumlah kita buanyak bangettt. Kurang ngerti juga sih mungkin kementerian dan lembaga lebih banyak yang butuh lulusan D1 kali ya. Terus selama setaun ngapain aja? Cari jodoh dek. Ya belajar dong:( Awalnya juga aku bingung kok bisa ya kita cuman belajar setahun tapi bisa langsung terjun kerja. Tapi setelah aku kuliah, sekarang aku mengerti:') Temen-temen D1 pasti tau dan ngerti banget gimana hecticnya seberapa berat tekanan yang dirasakan wkwk. Serius loh ini bukan lebay. Anak D1 tuh bener-bener 'di dedet' materi kalo ka...

Espressharing: UTS DI PKN STAN BIKIN STRESS?!

Yuhuuu!!! Sekarang aku balik lagi nih mau bahas tentang PKN STAN dan segala buntutnya. Kali ini aku bakal cerita tentang pengalaman uts pertama di STAN. Bener ga sih uts bikin stress banget? Sampe bikin ga tidur semaleman bener ga sih? Yuk baca cerita aku sampe beres yass! Jadi di STAN tuh utsnya agak telat dibanding universitas lain. Kalo ga salah kita telat seminggu atau 2 minggu gitu. Jadi disitulah awal mula stress kita wkwk. Disaat orang lain udh santai beres uts eh kita malah lagi hectic banget nyiapin uts. Dan ada lagi yang bikin uts di STAN beda itu adalah disini kita utsnya dikasih jadwal. Kaya jadwal UN gitu. Jadi selama 2 minggu itu kita full uts dengan jadwal yang udah ditentuin. Kalo di universitas lain setau aku jadwalnya ganentu, hari ini uts besok bisa aja kita kosong. Menurutku sih lebih enak dikasih jadwal ya jadi kita juga lebih jelas gitu dikasih kepastian ehehe. Loh enak tapi kok banyak yang stress? Tenang tenanggg. Sebenernya kita bukan stress karena soal yang ...

What Do You Think?: Alesan Kenapa Orang Gatahan LDR

Image
Pagi ini aku ga sengaja ngeliat snapgram Phosphenous. Isinya menarik bgt karena ini bener-bener baru terjadi sama aku. Si Phosphenous ini bahas tentang hubungan Long Distance Relationship dan alesan kenapa kebanyakan orang gatahan sama hubungan kaya gini. Kalo kalian mau liat langsung bisa cek di Instagram phosphenous.jpg siapa tau snapgramnya dijadiin highlight. Jadi awalnya mereka itu ngadain semacam polling tentang LDR. Hasilnya adalah seperti ini. Lebih dari setengah pasangan LDR berhenti di tengah jalan dan kebanyakan alesan mereka putus adalah karena mereka nemu sesuatu yang lebih dari pasangan mereka. Phosphenous ini ngejelasin apa aja yang bikin LDR gabisa bertahan lama. Dan sekarang aku bakal tulis ulang sebagian. 1. Your love language is physical touch If you need to be touched physically to feel loved, I'm sorry, but long-distance relationship may not be the best option for you. When it's 2 AM and the weights of the world is on your shoulders, ...

Espressharing: Peternak Jadi Pegawai Bank?

Image
Gimana nih udah clickbait bgt belum? Haha engga kok tenang ini bukan clickbait. Aku emang mau cerita seperti yang ada di judul. Tapi kok bisa peternak jadi pegawai bank? Kan ga nyambung? Check this out espressian! Kali ini aku kepikiran buat cerita tentang kakak ku. Reza,namanya. Umurnya udah 24 tahun. Udah 2 taun kerja di salah satu bank swasta. Hm biasa aja sih siapapun bisa kerja di bank karena lowongan kerja di bank setauku lumayan gampang ditemuin. Kayanya hampir tiap taun ada. Entah itu bank konvensional atau bank syariah. Yang tidak biasa adalah latar belakang pendidikan kakaku. Yap. Kakaku ini salah satu lulusan Fakultas Peternakan UNPAD tahun 2016. Jangankan kalian, kita keluarganya aja awalnya ga percaya. Jadi ceritanya kakaku ini wisuda di bulan Mei terus langsung coba masukin lamaran ke beberapa tempat termasuk bank swasta.  Beberapa bulan setelah itu mulai muncul panggilan buat wawancara. Seingetku yang pertama itu wawancara buat jadi Manager di...

Curahan Hati Seorang Sipa: I'm Done With Him

Image
Halo espressian! Long time no see ya. Kali ini aku gaakan bahas yang serius-serius dulu karena patah hati sedang melanda wkwk. Sekarang aku mau curhat aja because i feel no one can understand me gituh. Aku mau nyoba tuangin curhatan aku disini biar nanti beberapa taun kemudian aku merasakan “ih apaansi dulu ko gue alay bgt ya”. Jadi tolong skip aja ya kalo gamau liat kerehean saya. Jadi patah hati saya dimulai dengan kandasnya hubungan cinta monyet saya yang penuh drama. Yep akhirnya aku mengakhiri hubungan yang udah hampir 3 taun. Dan aku mutusin bukan karena orang ketiga loh ya. Kemarin-kemarin gatau kenapa aku baru nyadar kalo hubungan aku selama ini tuh toxic banget. Aku merasa ga bebas selama pacaran sama dia. Pasti ketebak kan toxicnya karena apa. Posesif. Mantan aku yang satu ini posesifnya udah kelewatan banget. Misalnya aku ga boleh follow cowo di ig. Aku gaboleh chat sama cowo apalagi ngobrol. Kalo kemana-mana aku harus wajib bgt kudu laporan dulu sama dia denga...

Cappurecommend: COBAIN TES KEPRIBADIAN YUK!

Image
Hai Espressian! Pernah denger tentang ISFJ? ISTJ? Atau mungkin ENFJ? Nah kali ini aku mau sharing kepribadian tuh apa sih. Ada apa aja tipenya. Dan yang paling penting adalah gimana caranya kita tau tipe kepribadian kita apa. Menurut KBBI, Kepribadian adalah sifat hakiki yang tercermin pada sikap seseorang atau suatu bangsa yang membedakannya dari orang atau bangsa lain. Nah untuk tipenya, kalian bisa baca lebih jelasnya  disini. Fyi, tipe kepribadian aku adalah ISFP (Si Petualang) -siapa tau ada yang mau ngepoin- Tenang, ramah, sensitif, dan baik hati. Menikmati apa yang sedang terjadi saat ini, apa yang terjadi di sekitar mereka. Ingin memiliki ruang mereka sendiri dan bekerja dalam rentang waktu mereka sendiri. Loyal dan berkomitmen untuk prinsip yang mereka genggam serta orang-orang yang penting bagi mereka. Tidak menyukai perselisihan dan konflik, tidak memaksakan pendapat atau prinsip mereka pada orang lain. Yap of course it’s me. Buat yang udah ...

Espressharing: Pengalaman Pertama Pake Hijab

Image
Halo Espressian! Kali ini aku mau ngangkat topik-topik santai dulu ya sebelum nanti kita bahas tentang STAN atau tips n trick pilih kuliah lainnya. Gatau kenapa tiba-tiba kepikiran buat sharing proses aku pake hijab. Aku ngerasa kayanya di luar sana masih banyak bgt yang punya pikiran kaya aku pas mau pake hijab. So, penasaran kan gimana ceritanya? Lanjut baca ya dan jangan lupa comment! Jadi aku mulai pake hijab itu sekitar kelas 10 kalo gasalah pas mau semester 2. Loh kok nanggung bgt? Terus seragamnya ganti jadi panjang semua dong? Nah alhamdulillahnya dulu sekolahku tercinta mewajibkan para siswi pake seragam panjang. Jadi aku gaperlu rombak ganti seragam hehe Kenapa mau pake hijab? Gara-gara apa? Disuruh siapa? Nah ini inti curhatan aku. Semenjak kelas 9 SMP aku tuh udah mulai coba-coba pake hijab tapi hari jum’at doang wkwk. Waktu itu sahabat tersayank ku a.k.a Fadia (orangnya pasti kesenengan nih) selalu nyuruh aku buat pake kerudung beneran. Maksudnya pake kerudung se...

Espressharing : Kenapa STAN? Ini Alesan Kenapa Kamu Harus Masuk STAN!

Image
Hi espressian! Di post kali ini aku mau berbagi cerita aku kenapa pengen bgt masuk STAN. Btw sekarang STAN udah ganti nama jadi Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN).Tapi kadang kita-mahasiswa sendiri- masih suka nyebut STAN bukan PKN STAN hehe.Meskipun berganti nama, PKN STAN ini tetep di bawah Kementrian Keuangan ko dan tentunya tetep ikatan dinas! Ikatan dinas itu gimana sih maksudnya? Nah tenang, aku bakal jelasin semuanya sekarang. Jadi Sekolah Ikatan Dinas adalah sekolah yang diselenggarakan oleh negara yang bertujuan menghasilkan sumber daya manusia yang siap ditempatkan di departemen negara. Singkatnya, ikatan dinas itu menjamin kita buat langsung kerja pas lulus nanti. Di Indonesia ada banyak banget Sekolah Ikatan Dinas, salah satunya PKN STAN ini. Terus kenapa aku pilih STAN? Kenapa ga STIS? Kenapa ga STMKG? Kenapa ga IPDN? Weleh makin berat aja pertanyaannya wkwk. Aku pilih STAN karena... Loh ko.. Engga engga wkwk.Jadi alesan aku pilih STAN adalah karena pada...

Espressharing : TO Online Worth It Ga Sih?

Image
Hi Espressian! Kemarin Line ku sempat ngehang karena banyak bgt chat dari OA yang nawarin TO Online. Terus aku baru keinget ternyata SBMPTN bentar lagi ya wkwk. Nah hari ini aku mau sharing tentang TO ONLINE. Mungkin temen-temen ada yang belum pernah cobain TO Online dan penasaran cara kerjanya gimana sih. TO Online tuh penting ga sih? Worth it ga bayar ratusan ribu cuman buat TO Online? Yuk baca pengalaman aku! Sekitar Maret 2018, dimana orang-orang sudah mantap SBMPTN dengan bimbel sana sini, aku masih mikirin UAS. Jadi waktu itu aku sempet parno bgt sama yang namanya UAS. Akibat perkataan salah satu guru “Kalo UAS ga lolos nanti ga bisa ikut SBMPTN loh” . WHAT?! Dari situ aku baru tau kalo UAS sepenting itu. Waktu itu aku mikirnya percuma dong belajar SBMPTN tapi UASnya jeblok. Karena UAS itu kan semua mata pelajaran dari kelas 10 sampai kelas 12. Sedangkan SBMPTN hanya 6 mata pelajaran. Maka dari itu, seketika aku lupain SBMPTN dan fokus nyiapin buat UAS. Dan soal UAS ...

Moccareview : Pond's Tone Up Cream Bisa Bikin Langsung Putih?

Image
Hello Espressian! Kali ini aku ga akan bahas tips n trick dulu nih. Aku lagi pengen nyoba ngerasain jadi beauty blogger gitcu wkwk. Jadi kali ini aku bakal ngereview salah satu produk dari Pond’s yang sempet booming kemarin. Telat bgt ya bikin reviewnya hehe tapi mungkin masih ada Espressian yang belum nyoba produk ini dan penasaran bener ga sih produk ini sebagus di iklan? Yu, cek review aku ya! Yap ini dia produknya! Pond’s White Beauty Instabright Tone Up Milk Cream atau beauty vlogger biasanya bilang Pond’s Tone Up Cream. Launching produk ini dilakuin pada tanggal 16 Maret 2018– udah lumayan lama kan hehe –dan setelah iklannya tayang di tv, seketika itu juga orang-orang heboh ngomongin produk ini. Pond’s sukses bgt bikin orang penasaran dengan iming-imingnya. Kulit cerah seketika? Dengan 0% make up? Bener ga sih? Sabar ya Espressian, aku bakal jawab rasa penasaran kalian satu per satu. Packaging Untuk produk ini, Pond’s ngeluarin 2 ukuran. Yang pert...

Espressharing : Gimana Sih Cara Biar Lulus SNMPTN?

Image
Halo espressian! Kali ini aku mau bahas tentang SNMPTN nih. Ada yang belum tau SNMPTN itu apa? Pasti tau dong ya apalagi adek-adek kelas 3. Kudu tau bgt. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah salah satu seleksi untuk lanjut kuliah menggunakan nilai raport kalian. Jadi kalian ga perlu tes lagi buat lanjut ke PTN. Cukup dengan nilai raport. Gampang kan? Gampang bgt. Ngomongnya. Hehe. Jadi disini aku mau nyeritain pengalamanku ikut SNMPTN ini. Dan tentunya aku juga bakal sharing tips and trick biar kalian bisa lolos SNMPTN. Nah jadi kalo di SMA ku dulu, SNMPTN tuh diumumin sama sekolah pas kelas 3 semester akhir. Menurutku sih ini super duper telat ya apalagi buat murid yang gapunya target kaya aku. Sekitar bulan Januari, sekolahku ngadain kaya pemetaan jurusan gitu buat SNMPTN. Tujuannya –katanya – supaya para siswa dapat mengetahui peluang untuk lolos di jurusan yang dia pengen. Buat kalian yang mungkin di sekolahnya ga ada pemetaan, cara ini bisa dicoba...

Espressharing : Pilih Jurusan Kuliah

Image
Halo! Akhirnya aku bisa ngeblog lagi setelah blog lamaku terbengkalai wkwk. Postingan pertama di blog ini semoga bisa bermanfaat buat adek-adek emesh atau mungkin bapak ibunya adek emesh. Khususnya adek-adekku yang taun depan lulus SMA. Gimana nih udah punya target mau lanjut kuliah kemana? Saranku sih mulai dari sekarang kalian tentuin target kalian gimana, mau kuliah dimana, jurusan apa, dan segala tektek bengeknya. Jangan sampe pengalamanku menimpa kalian juga. Jadi ceritanya dulu pas SMA tuh aku bener-bener ga punya target tentang kuliah. Bahkan kelas 3 SMA semester 2 pun aku masih bingung harus daftar kemana karena dari awal SMA tuh bener-bener ganti terus cita-citanya. Intinya dulu tuh kayanya motto hidupku; “Cita-citaku tergantung dari drakor apa yang lagi aku tonton”. Ada yang punya motto gitu juga? Jangan dilanjutin ya wkwk. Kalau kalian penasaran,gini nih rute pergantian targetku. 1.FTMD – ITB. Sembrono banget ga tuh? Iya. Banget. Jadi ini adalah targ...