Espressharing: Nasib Mahasiswa D1

Seperti yang aku bilang kemarin, akhir-akhir ini aku bakal lebih sering ngebahas tentang STAN. Semoga ga pada bosen ya hehe.
Pasti udah pada tau dong ya kalo di STAN itu masih ada program studi diploma satu yang mana kuliahnya cuman setaun. Setaun loh ya bener-bener setaun doang nih kita kuliah.
Nah di STAN ini ada 3 program studi diploma satu. Ada D1 Kebendaharaan Negara, D1 Pajak, dan D1 Kepabeanan dan Cukai. Meskipun cuman 3 prodi tapi jangan salah nih jumlah kita buanyak bangettt. Kurang ngerti juga sih mungkin kementerian dan lembaga lebih banyak yang butuh lulusan D1 kali ya.
Terus selama setaun ngapain aja? Cari jodoh dek. Ya belajar dong:( Awalnya juga aku bingung kok bisa ya kita cuman belajar setahun tapi bisa langsung terjun kerja. Tapi setelah aku kuliah, sekarang aku mengerti:')
Temen-temen D1 pasti tau dan ngerti banget gimana hecticnya seberapa berat tekanan yang dirasakan wkwk. Serius loh ini bukan lebay. Anak D1 tuh bener-bener 'di dedet' materi kalo kata sunda mah.
Jadi memang dari awal kita udah langsung dikenalin sama matkul intinya. Beda sama D3 yang lebih banyak belajar dasarnya dulu. Dan tentu sksnya pun lebih banyak anak D1.
Ga salah sih memang tujuannya biar kita ngerti dan bisa siap langsung kerja gitcu kan.
So, buat dedek-dedek yang pengen masuk STAN tapi pengen yang agak santai ya aku saranin ambil D3 aja. Tapi dengan resiko lebih lama kuliahnya wkwk. Kalo kalian pengen cepet-cepet kerja ya ambil D1 dengan resiko kalian bakal sibuk bangeeet.
Dipikirkan baik-baik ya dan jangan lupa minum kopi! Bcs itu enak.

Comments