Espressharing : Pilih Jurusan Kuliah
Halo! Akhirnya aku bisa ngeblog lagi setelah blog lamaku terbengkalai
wkwk.
Postingan pertama di blog ini semoga bisa bermanfaat buat
adek-adek emesh atau mungkin bapak ibunya adek emesh. Khususnya adek-adekku
yang taun depan lulus SMA.
Gimana nih udah punya target mau lanjut kuliah kemana?
Saranku sih mulai dari sekarang kalian tentuin target kalian gimana, mau kuliah
dimana, jurusan apa, dan segala tektek bengeknya. Jangan sampe pengalamanku
menimpa kalian juga.
Jadi ceritanya dulu pas SMA tuh aku bener-bener ga punya
target tentang kuliah. Bahkan kelas 3 SMA semester 2 pun aku masih bingung
harus daftar kemana karena dari awal SMA tuh bener-bener ganti terus
cita-citanya. Intinya dulu tuh kayanya motto hidupku; “Cita-citaku tergantung dari drakor apa yang lagi aku tonton”. Ada
yang punya motto gitu juga? Jangan dilanjutin ya wkwk.
Kalau kalian penasaran,gini nih rute pergantian targetku.
1.FTMD – ITB. Sembrono banget ga tuh? Iya. Banget. Jadi ini adalah
targetku saat kelas 10 SMA. Gatau kenapa dulu mikirnya kalo cewe kerja di
pertambangan tuh keren gitu. Gajinya selangit pula. Apalagi kalo dapet suami
anak pertambangan juga. Duh, pertamina bisa gue beli kali. Lalu aku tersadar,
nilai fisika ku ga pernah lebih dari 8. Terus alesan lain mulai berdatangan.
Kalo aku ga dapet suami anak pertambangan gimana? Kalo aku kerjanya di Papua
gimana? Suami aku gimana? Ya gitu deh neyk kalo punya pemikiran panjang. Ribet
sendiri. Akhirnya seketika aku ganti haluan dan melupakan FTMD. (p.s untuk
(calon) suamiku; bersyukurlah kita belum ketemu aja udah aku pikirin)
2.Kesehatan Masyarakat – UI. Masih aja ketinggian. Jadi dulu
aku pernah cobain tes kepribadian gitu di salah satu web. Dan kepribadianku
adalah ISFP (Petualang). Lalu di
bagian pekerjaan yang cocok, dia bilang kalo aku cocok kerja di bidang
Keperawatan gitu karena tingkat kepedulianku yang tinggi. Wushh. Tapi karena
aku kurang suka ngeliat darah akhirnya aku melipir dikit ke Kesehatan
Masyarakat. Lalu aku tersadar lagi kalo nilai biologiku selalu stuck di 84J . Ini serius. Nilai
biologiku di raport ga pernah lebih dari 84. Jadi akhirnya aku tinggalin lagi
target yang ini.
3.Matematika – UNPAD. Aku pilih Matematika karena aku lumayan
suka sama pelajaran inI (padahal ulangan masih suka remed). Pas SD juga aku
pernah juara Olimpiade Matematika se-rayon. Maka dari itu aku mantap buat
jadiin jurusan ini sebagai target. Meskipun suka ada omongan-omongan julid kaya
“Nanti kerjanya jadi apa? Emang ada
ilmuwan matematika?” Weleh. Emang ya mulut orang jaman sekarang tuh lember
bgt. Tapi itu ga bikin aku ganti target lagi karena emang udah mepet SNMPTN
jadi ga mungkin kan aku tiba-tiba acak pilih jurusan lain. Akhirnya aku pilih
jurusan ini untuk SNMPTN.Dan hasilnya bisa kalian liat disini ya!
4.Ilmu Aktuaria – UNPAD. Karena alesan suka matematika tadi,
akhirnya aku pun pilih jurusan ini di SBMPTN. Fyi, jurusan ini baru dibuka pas
angkatan aku, jadi belum ada perkiraan berapa passing grade-nya. Nah disinilah
letak kesembronoan ku. Dengan proses belajar yang gitu-gitu aja. Tanpa bimbel.
Tanpa begadang. Tanpa pengorbanan juga wkwk. Saat itu aku nekat pilih jurusan
ini tanpa pikir-pikir dulu. Kalo kata orang sunda mah bablaskeun we (bablasin aja). Karena aku suka ini. Udah gitu aja.
5.Kebendaharaan Negara – PKN STAN. Nah yang terakhir adalah
ini. Meskipun memang dari kelas 10 aku tertarik sama kampus kedinasan ini, tapi
banyak bgt yang bikin aku mikir-mikir lagi. Nanti harus ngekost dong? Nanti
harus tes lari dong? Nanti gimana kalo penempatannya di pelosok? Tapi pada
akhirnya aku daftar kesini juga.
Nah gitu deh ketidaklabilan ku. Jangan pernah dicontoh
sekalipun ya karena ganti-ganti target kaya gitu tuh cukup ngabisin waktu
kalian. Apalagi kalo targetnya kadang di saintek kadang di soshum. Kalian jadi
bingung sendiri kan harus belajar apa. Jadi mumpung masih ada waktu beberapa
bulan lagi, lebih baik ditentuin dari sekarang jurusan yang kalian pengen itu
apa. Mulai cari tau jurusan yang cocok buat kalian itu apa. Obrolin juga sama
orang tua, kan ga lucu kalo misalnya kalian udah mati-matian belajar buat masuk
jurusan itu tapi orang tua ga kasih izin. Nah setelah kalian yakin bgt sama jurusan
itu, jangan lupa berdoa dan belajar ya! Usahain buat sempetin sholat Dhuha
karena itu bener-bener ngebantu kalian. Terus kalo kalian ga ikut bimbel karena
alesan tertentu juga jangan nyerah gitu aja. Aku dan temen-temenku juga banyak
kok yang ga ikut bimbel. Dan alhamdulillah-nya sekarang mereka bisa tetep
lanjut kuliah. So, let’s prepare yourself and take a coffee with you!


Comments
Post a Comment