Espressharing: Pengalaman Pertama Pake Hijab


Halo Espressian! Kali ini aku mau ngangkat topik-topik santai dulu ya sebelum nanti kita bahas tentang STAN atau tips n trick pilih kuliah lainnya. Gatau kenapa tiba-tiba kepikiran buat sharing proses aku pake hijab. Aku ngerasa kayanya di luar sana masih banyak bgt yang punya pikiran kaya aku pas mau pake hijab. So, penasaran kan gimana ceritanya? Lanjut baca ya dan jangan lupa comment!

Jadi aku mulai pake hijab itu sekitar kelas 10 kalo gasalah pas mau semester 2. Loh kok nanggung bgt? Terus seragamnya ganti jadi panjang semua dong? Nah alhamdulillahnya dulu sekolahku tercinta mewajibkan para siswi pake seragam panjang. Jadi aku gaperlu rombak ganti seragam hehe
Kenapa mau pake hijab? Gara-gara apa? Disuruh siapa? Nah ini inti curhatan aku. Semenjak kelas 9 SMP aku tuh udah mulai coba-coba pake hijab tapi hari jum’at doang wkwk. Waktu itu sahabat tersayank ku a.k.a Fadia (orangnya pasti kesenengan nih) selalu nyuruh aku buat pake kerudung beneran. Maksudnya pake kerudung selamanya gitu loh. Terimakasih untuk Fadia karena selalu nyeramahin dan ngomel-ngomel sama saya waktu itu. Kira-kira begini omelannya

“Sip maneh sampe kapan ga ditiung?” (Sip kamu sampe kapan gaakan pake kerudung?)
“Tau ga sih tiap langkah kamu keluar gapake kerudung teh sama kaya langkah ayah kamu ke neraka”
“Sip pake kerudung terus gera ih”
“Sip maneh cantikan make tiung nyaho” (Sip kamu lebih cantik pake kerudung tau)
“Sip...” “Sip...” “Sip...”

Dan masih sangat banyak sip lainnya.

Lalu dengan sosoan nya aku selalu jawab kalo aku belum siap dengan alesan “Nantilah pas kuliah aja pake kerudungnya” atau dengan senjata andalanku “Omongan aku belum bener fad. Masih suka ngomong kasar. Masih suka ngomongin orang” p.s: maksud ngomong kasar disini tuh kaya aing maneh ya karena dulu menurutku itu termasuk kasar bgt hehe

Adakah yang berpikiran sama kaya aku tiap disuruh pake hijab? Wajar kok. Akupun dulu mikirnya “Nanti aku pake hijab tapi ngomong sia maneh kan malu”
Lanjutlah pemikiran itu sampe aku SMA. Tapi subhanallahnya adalah aku mulai mikir “Kalo aku nunggu omonganku bener atau nunggu aku stop ngomongin orang pasti aku gaakan pake kerudung sampe kapanpun”. Maksudnya bukan berarti aku gamau ngilangin sifat jelek itu ya tapi kan namanya manusia pasti ada aja gitu gatel pgn ngomongin orangL

Di kelas 10 ini aku mulai rajin lagi pake kerudung, tapi hari jum’at doang. Terus ketika liburan semester aku rasa itu waktu yang pas buat ubah penampilan. Jadi orang-orang ga terlalu syok gituloh liat Sipa yang baru wkwk

Terus gimana rasanya pas pertama kali mutusin pake hijab selamanya? Rasanya adalah butuh perjuangan. Karena kita bener-bener harus adaptasi dengan kerudung kita. Misalnya kaya biasanya kalo mau wudhu ya tinggal wudhu aja. Setelah pake kerudung mau gamau kita harus lepas kerudung dulu terus abis itu harus ngaca lagi buat pakenya (meskipun ada juga sih orang yang langsung pake tanpa ngaca dulu). Terus kalo lagi makan juga dulu awal-awal aku suka ngerasa ribet sendiri gitu sama kerudungnya karena dulu kerudungnya suka maju-maju sendiri kalo lagi makan. Huft.
Dan yang paling penting adalah adaptasi dengan kegerahan yang sangat hakiki. Kalo pas pertama kali pake tuh gerahnya bener-bener kerasa gais percayalah.

Tapi dibalik semua itu banyaaak banget manfaat yang aku dapet setelah pake hijab. Salah satunya adalah terhindar dari godaan jamet (anak pinggir jalan gitu) karena di bandung banyak bgt jamet btwL Sebelum pake hijab tiap aku jalan dan ada jamet pasti aja ada cobaannya. Tapi setelah pake hijab wusss aku seperti terlindungi wkwk. Terus selain itu kita jadi gaperlu ribet ngurusin rambut. Kalo dulu pasti kesel sendiri kalo rambut udah lepek, ga rapi, dan bingung mau diiket gimana biar ga bosen. Kalo pake hijab kan bodo amat dengan keadaan rambut hehe



Gimana? Udah tertarik pake hijab? Gausah buru-buru yang penting kalian niat dari diri sendiri jangan karena disuruh terus nanti hijabnya lepas pake. Tapi inget ya pake hijab itu perintah dari Allah loh! Yuk kumpulin niat kalian sedikit-sedikit. Dan untuk yang udah pake hijab semoga kita tetep konsisten ya! Be happy and take a coffee with you!

Comments