Espressharing : Gimana Sih Cara Biar Lulus SNMPTN?


Halo espressian! Kali ini aku mau bahas tentang SNMPTN nih. Ada yang belum tau SNMPTN itu apa? Pasti tau dong ya apalagi adek-adek kelas 3. Kudu tau bgt.
SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah salah satu seleksi untuk lanjut kuliah menggunakan nilai raport kalian. Jadi kalian ga perlu tes lagi buat lanjut ke PTN. Cukup dengan nilai raport. Gampang kan? Gampang bgt. Ngomongnya. Hehe. Jadi disini aku mau nyeritain pengalamanku ikut SNMPTN ini. Dan tentunya aku juga bakal sharing tips and trick biar kalian bisa lolos SNMPTN.

Nah jadi kalo di SMA ku dulu, SNMPTN tuh diumumin sama sekolah pas kelas 3 semester akhir. Menurutku sih ini super duper telat ya apalagi buat murid yang gapunya target kaya aku. Sekitar bulan Januari, sekolahku ngadain kaya pemetaan jurusan gitu buat SNMPTN. Tujuannya –katanya – supaya para siswa dapat mengetahui peluang untuk lolos di jurusan yang dia pengen. Buat kalian yang mungkin di sekolahnya ga ada pemetaan, cara ini bisa dicoba ya.

Pertama, kita disuruh buat ngisi nilai dan rata-rata raport dari semester 1-5.
Kedua, kita tentuin 3 jurusan yang mau kita pilih di SNMPTN.
Ketiga, guru BK di sekolahku bakal ngurutin nilai-nilai kita sesuai dengan jurusan yang kita pilih.

Nah dari situ bakal keliatan nih peluang kita buat lolos di jurusan itu kaya gimana. Contohnya kaya aku. Aku dulu pengen bgt kuliah di Matematika UNPAD. Akhirnya aku pilihlah jurusan itu di pilihan pertama SNMPTN. Ternyata,setelah pemetaan, temenku juga ada yang daftar Matematika UNPAD. Sayangnya, kebanyakan nilai raport dia lebih besar dari punyaku. Bingung kan tuh, sama temen satu sekolah aja udah kalah apalagi kalo dibandingin sama pendaftar lain. Tapi saat itu, (dengan sangat baiknya) guru BK ku bilang “coba aja siapa tau lolos” dan dengan sangat lugunya, aku nurut-nurut bae sama beliau.

Pengumumannya itu sekitar 1 bulan. Seingetku itu seminggu setelah UN. Kebayang ga tuh stressnya kaya gimana. Kepala pusing mikirin UN, jantung dagdigdug nunggu pengumuman. Mau liburan aja kayanya aku kasian gitu sama badan aku. Ga tega neyk. Dan tibalah 17 April pukul 17.00. Aku bener-bener ga berani buka webnya sama sekali. Yang bikin takut tuh karena kalian pengen ga sih banggain orang tua dengan masuk kuliah tanpa tes? Kebayang ga gimana senengnya orang tua kalian? Dulu aku bener-bener pengen keterima SNMPTN itu. Keterima di pilihan 2 juga gapapa deh. Yang penting keterima gitu kan.


Tapi kalo tampilannya kaya gini gimana? Setelah ngeliat itu aku ketawa-ketawa sendiri. Karena ngerasa lucu aja gitu dengan nilaiku yang naik turun dan aku ngarep lolos SNMPTN ini. Fyi, nilai matematikaku di raport tuh udah kaya EkG. Naik turun gajelas. Dan aku daftar jurusan matematika. Lawak bgt ga sih dulu yaallah. Dan sesuai logika, temenku lebih besar nilainya itu lolos di Matematika UNPAD.

Awalnya sih ridho aja ya karena emang salah aku juga yang maksa pengen ke jurusan itu. Tapi lama kelamaan munculah efek sedih dari orang tuaku. “ya kamu belajarnya aja kaya gitu wajar kalo ga lolos” “anaknya pa x tuh lolos di upi”. Waduh hancur sudah pertahanan ku. Anak mana yang ga sedih denger orang tuanya ngomong kaya gitu. Berhari-hari nangis tuh nyesel bgtbgt. Bahkan aku sampe nyalahin guru karena ngasih nilainya ga kira-kira (wkwk maaf ya pa bu). Tapi emang nilai aku tuh kadang gede bgt kadang mini bgt. Sedih bgt dah kalo aku liatin.

 Jadi setelah baca ceritaku pasti tau dong apa yang harus dilakuin?

1. Manfaatin waktu kalian buat bener-bener belajar. Ini harus bgt dilakuin dari awal kalian masuk SMA sih menurutku. Tapi kalo kalian gamau lolos SNMPTN sih belajar pas UN doang juga gapapa. Atau mungkin gamau belajar selama SMA ya gapapa juga. Ngerumpi aja dah tuh 3 taun.

2. Pastiin nilai kalian makin ningkat. Misalnya pas semester 1 kalian dapet nilai 80 nah gimana caranya biar semester selanjutnya kalian bisa dapet lebih dari 80. Tapi tetep jujur ya!

3. Manfaatin pemetaan jurusan dengan sebaik-baiknya. Kalo ada program pemetaan gini tuh usahain selalu update jangan sampe ketinggalan info khususnya tentang jurusan yang kalian mau.

4. Jangan keras kepala. Ini penting bgt. Jangan sampe kesalahanku terulang sama kalian ya dek. Kalian boleh ambisius bgt sama satu jurusan. Tapi inget, yang mau jurusan itu bukan kalian aja. Di luar sana ada banyak bgt orang –yang mungkin lebih ambisius –buat dapetin jurusan itu. Dulu temenku pengen bgt ke STEI ITB. Jurusan ini tuh terkenal dengan persaingannya yang gede. Di sekolahku aja ada 5 orang yang daftar jurusan ini pas SNMPTN. Yang pastinya mereka pinter-pinter bgt wkwk. Temenku ini udah disaranin untuk ambil Teknik Elektro di PTN lain aja yang peluang lolosnya lebih besar. Tapi karena dia udah keukeuh bgt –kalo kata orang sunda mah – dia pun maksain buat daftar ke STEI. Dan jawabannya kalian pasti tau. So, seambis-ambisnya kalian sama jurusan itu, usahain kalian punya cadangan lain.

 5. Jangan terlalu ngarep sama SNMPTN. Ini amat sangat penting bgt. Kalo kalian udah ngerasa yakin bgt bakal keterima SNMPTN,kalian tetep harus belajar buat SBMPTN ya! Karena SNMPTN ini terbukti udah makan korban banyak bgt. Ranking 3 besar di sekolahku ga lolos SNMPTN. Sayangnya SBMPTN pun dia ga lolos. Entah karena terlalu yakin sama SNMPTN atau apa tapi intinya persiapan buat SBMPTN tuh penting bgt. Meskipun kalian keterima SNMPTN, persiapan SBMPTN kalian gaakan sia-sia gitu aja kok yakin deh.


6. Do’a dan Dhuha. Last but not least. Gaakan ada yang bisa ngalahin do’a. Apalagi do’a di sholat Dhuha. Beh mantap dah. Temenku orangnya biasa aja, ga pinter-pinter amat. Tapi dia rajin Dhuha. Kemarin dia lolos SNMPTN di UPI. Ga percaya? Yuk biasain buat sholat Dhuha!

Gitu aja kali ya tips and tricknya. Aku ga ngejamin itu bakal 100% berhasil tapi semoga membantu kalian. Semangat adek-adek ku!

Comments